Mengenal 10 Jenis Partisi Unik Dan Menarik Untuk Desain Interior Ruangan Terbaik

mengenal 10 jenis partisi unik dan menarik untuk desain interior ruangan terbaik

Pembuatan partisi dalam desain interior bangunan menjadi bagian penting yang perlu sobat perhatikan. Dalam penggunaannya, keberadaan partisi ruangan memang cukup memakan tempat. Namun jika dilihat dari fungsinya jelas partisi tersebut dapat menjaga privasi pemilik bangunan dengan lebih baik.

Lebih dari itu, penggunaan partisi juga dapat membantu sobat dalam menghias tampilan bangunan seperti halnya rumah sehingga terlihat lebih cantik. Namun untuk mendapatkan tampilan tersebut, tentunya dibutuhkan pemilihan serta penggunaan partisi dengan tepat. Karena itulah, pastikan untuk memilih beberapa jenis partisi yang sesuai dengan kebutuhan.

10 Jenis Partisi Unik Dan Menarik
    Add a header to begin generating the table of contents

    Jenis-Jenis Partisi Ruangan

    Berikut adalah beberapa jenis-jenis partisi ruangan yang dapat sobat pilih dan gunakan, di antaranya :

    1. Partisi dari Kayu

    Partisi ruangan dari kayu termasuk dalam jenis partisi yang paling banyak digunakan. Apalagi pada jenis rumah dengan konsep etnik atau bahkan rustic. Selain itu, warna kayu yang terlihat coklat juga sering kali menghadirkan kesan hangat dan lebih natural pada ruangan. Karena itulah, bahan material kayu lebih sering digunakan sebagai sekat ruangan.

    Sekalipun bahan material kayu tidak dapat digunakan sebagai jenis partisi peredam suara. Namun penggunaannya cukup menjaga privasi pengguna dengan baik. Itulah sebabnya banyak sekali partisi kayu yang hadir dengan pilihan desain beragam.

    2. Partisi dari Bambu

    Untuk sobat yang merasa bosan dengan penggunaan bahan material kayu, namun tetap ingin menampilkan kesan etnik. Cobalah untuk menggunakan model partisi ruangan dari bahan bambu. Penggunaan bambu yang disusun berbaris merata sebagai partisi tentunya akan memberikan kesan yang lebih natural.

    Selain itu, penggunaan partisi bambu juga tidak hanya berfungsi sebagai sekat pada ruang tamu saja. Sobat katanya juga dapat menggunakannya sebagai sekat di area dapur atau bahkan kamar mandi. Namun untuk perawatannya pastikan lakukan dengan baik dan benar, sehingga partisi bambu tidak mudah rusak.

    3. Partisi dari Kaca

    Partisi kaca adalah jenis sekat rumah yang paling banyak digunakan pada rumah dengan ruangan berukuran kecil. Mengapa demikian? Hal ini berkaitan dengan efek tampilan ruangan yang terasa lebih luas. Bahkan penggunaan sekat yang satu ini juga dapat menjadikan ruangan dalam rumah seperti tidak memiliki sekat di dalamnya.

    Merujuk pada hal tersebut, tidak heran jika kemudian partisi ini juga banyak digunakan di area perkantoran. Seperti halnya pada penggunaan pintu kaca perkantoran, toko dan lainnya. Sedangkan untuk tampilannya sendiri, ia juga sering kali hadir dengan desain yang beragam, seperti halnya dalam bentuk akuarium, penggunaan bingkai kayu atau bahkan partisi kaca tanpa bingkai.

    jasa partisi ruangan

    4. Partisi dari Kain

    Untuk Anda yang ingin menggunakan partisi dengan harga murah, namun sangat baik dalam menjaga privasi setiap ruangan berbeda. Tentunya sobat dapat menggunakan partisi dari bahan kain. Namun dalam pemilihan warna pastikan untuk menyesuaikannya dengan desain interior rumah yang sobat.

    Agar penggunaan partisi ini dapat dibuka dan ditutup dengan lebih mudah. Pastikan pula untuk melakukan pemasangan partisi ruangan ini dengan cara yang tepat. Seperti halnya proses pemasangan yang tidak jauh berbeda dengan pemasangan gorden pada umumnya.

    5. Partisi dari Bahan Fiber

    Partisi fiber adalah jenis partisi lainnya yang memiliki tampilan tidak jauh berbeda dengan kaca. Hanya saja ia terbuat dari bahan pasir kuarsa dan juga bahan lainnya. Jenis partisi yang satu ini hadir dengan beragam kelebihan, seperti halnya mudah dipotong, dibentuk dan juga dibersihkan. Itu sebabnya banyak pula jenis partisi lipat yang menggunakan bahan fiber.

    Dalam penggunaannya, jenis partisi ini lebih cocok untuk rumah dengan desain interior minimalis modern. Dengan demikian, setiap partisi yang terpasang tidak memakan banyak tempat dan juga dapat dibongkar pasang dengan mudah.

    6. Partisi Ruangan Ala Jepang

    Untuk jenis partisi yang satu ini tentunya banyak digunakan pada rumah dengan konsep desain interior ala Jepang. Selain hadir dengan kesan yang unik, partisi ini juga dapat memancarkan cahaya dari setiap ruangan yang ada atau bersebelahan dengannya. Hal tersebut juga berlaku untuk suara, yang tentunya tidak dapat diredam dengan menggunakan partisi ini.

    Jika sobat ingin membuat partisi ala Jepang pada desain interior kamar tidur. Pastikan untuk membuat bingkai yang kokoh dari bahan kayu. Sehingga penggunaan partisi pun tidak mudah rusak dan jauh lebih aman untuk digunakan.

    partisi gypsum dan partisi kaca

    7. Partisi dari Gypsum

    Partisi gypsum termasuk dalam salah satu jenis partisi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun jika dilihat dari penggunaannya, jenis partisi ini akan lebih baik diterapkan pada bentuk bangunan berukuran besar dan lebih luas. Hal ini berkaitan dengan keberadaan partisi itu sendiri yang umumnya memakan banyak tempat.

    Selain itu, untuk sobat yang ingin menggunakan jenis partisi ini, pastikan untuk membuat rangkanya terlebih dahulu. Pembuatan rangka dapat dilakukan dengan menggunakan bahan metal dan juga kayu. Kelebihan dari partisi ini adalah ia dapat dibentuk dan juga dibangun sesuai keinginan dan kebutuhan.

    8. Partisi dari Pipa Paralon

    Untuk sobat yang membutuhkan partisi ruangan minimalis, cobalah untuk menggunakan partisi dari bahan paralon. Jenis partisi yang satu ini dapat dirangkai dalam satu bingkai dan menampilkan kesan yang estetik pada ruangan. Meskipun hadir dari bahan bekas, namun tampilan yang dihasilkannya terlihat luar biasa.

    Tidak hanya itu, jenis partisi ini juga hadir dengan harga yang tentunya lebih murah. Bahkan untuk pembuatannya pun dapat dilakukan secara mandiri atau pun menggunakan jasa desain interior profesional. Namun sobat katanya tidak perlu khawatir karena desain yang digunakan pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

    9. Partisi Dengan Tanaman Gantung

    Jenis partisi lainnya adalah sekat yang terbuat dari tanaman hias seperti halnya tanaman gantung. Jenis partisi ini sangat cocok untuk desain interior minimalis modern dengan konsep natural. Untuk penggunaan tanaman itu sendiri pastikan untuk memilih jenis tanaman yang mudah dirawat di dalam ruangan.

    Tidak hanya itu, sobat juga dapat memilih jenis tanaman dalam ruangan yang memiliki beragam manfaat. Seperti halnya tanaman yang dapat menangkap debu di dalam ruangan dan lainnya. Namun untuk harga partisi ruangan ini tentunya bergantung pada jenis tanaman serta jumlah yang digunakannya.

    10. Partisi dari Batang Pohon

    Partisi paling akhir yang dapat sobat pilih adalah jenis partisi dari batang pohon. Jenis partisi ini sangat cocok untuk tema interior rustic, natural atau bahkan ala pedesaan. Karena dengan penggunaan pohon di dalam ruangan, kesan etnik dan juga klasik tentunya dapat dihadirkan dengan lebih mudah.

    Selain itu, jenis partisi ini juga sangat cocok untuk dipadu padankan dengan konsep kitchen set yang ditempatkan pada area dapur terbuka atau luar ruangan. Sehingga nuansa kesegaran dapat dihadirkan dengan lebih mudah.

    Dengan memilih beberapa partisi ruangan di bagian atas tadi. Tentunya dapat lebih disesuaikan dengan kebutuhan serta tampilan yang sobat inginkan. Apalagi untuk sobat yang memiliki konsep dengan desain interior tertentu dan mungkin telah ditentukan dari awal pembuatan bangunan.

    Share on facebook
    Share on twitter
    Share on linkedin
    Share on pinterest
    Share on whatsapp
    Share on google
    Share on email

    Tinggalkan Komentar

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Scroll to Top